Rabu, 13 Januari 2021

ACARA MILAD TEKNIK INFORMATIKA KE-13 BERJALAN LANCAR DAN SUKSES DI MASA PANDEMI COVID 19



Perayaan Milad Teknik Informatika yang ke-13 berjalan dengan lancar di masa pandemi covid 19 pada hari Sabtu tanggal 28 November 2020. Acara yang diadakan via online zoom meeting dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau, Bapak Dr. Eng. Muslim, ST.,MT serta WD 3 Fakultas Teknik  sekaligus  pendiri dari Prodi Teknik Informatika, Bapak Akmar Efendi, S.Kom., M.Kom. beserta jajaran dosen Teknik Informatika Universitas Islam Riau.

Acara dimulai sejak pukul 08.22 wib Sabtu pagi Via Zoom dengan beberapa serangkaian acara berupa pengajian dan doa yang dipimpin oleh mahasiswa Teknik Informatika, kata sambutan dari Dekan Fakultas Teknik, Bapak Dr. Eng. Muslim, ST.,MT, kata sambutan WD 3 sekaligus pendiri Teknik Informatika, Bapak Akmar Efendi, S.Kom., M.Kom, kata sambuatan Kaprodi Teknik Informatika, Dr. Arbi Haza Nasution, B.IT(Hons)., M.IT , kata sambutan Wakil Bupati Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF), M. Ikhsan Zulfi Ja’far WR, kata sambutan dari ketua pelaksana Milad Ke-13 Teknik Informatika, Taufiq Mubarok Simbolon.

Selain itu, ditampilkan pula sekilas profil Teknik Informatika UIR. Dilanjutkan dengan webinar berjudul “Data Analytics and Decision Making” oleh Prof. Ahmed A. Al-Absi, (Dekan Fakultas Teknik Kyungdong University, Korea). Beliau menjelaskan tentang pentingnya data analytics dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa Negara maju di dunia telah menggunakan data analitik dalam penyimpanan data yang sangat besar, sehingga mudah untuk diakses dimanapun kita berada. Acara dilanjutkan dengan sharing session  Beasiswa S2 ke Jepang oleh Kartika Findra Resiandi, S.Si . Beliau juga menjelaskan untuk mendapatkan beasiswa di Jepang sebenarnya sangat mudah. Hanya saja tergantung pada kemauan mahasiswa tersebut. Untuk pendidikan di Jepang itu sendiri sangat disiplin. Mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan dirinya di sela-sela waktu kuliah dan juga banyak penelitian yang diberikan oleh dosen. Keramahan mahasiswa Jepang terhadap mahasiswa yang berasal dari negara lain membuat tentunya memberikan kenyamanan tersendiri bagi mahasiswa asal Indonesia selama studi di negeri sakura tersebut.  

Milad  ke-13 Program Studi Teknik Informatika UIR dengan tema “ Be The 13th Creative Transformers” memiliki visi "Dengan bertambahnya umur yang ke 13 tahun, harapan kita bersama Teknik Informatika UIR lebih maju, mampu bersaing dengan universitas lain yang berada di dalam maupun diluar negeri. Lulusan-lulusan Teknik Informatika mampu menciptakan generasi- generasi yang handal di bidang Teknik terkhusus Teknik Informatika dan siap bersaing di dunia pekerjaan di dalam maupun diluar negeri". 

Untuk perlombaan yang diadakan pada acara Milad TI ke-13 antara lain yaitu Lomba Presentasi Prototipe Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Lomba Presentasi Dasar Pemrograman Mobile (DPM), Lomba Presentasi Pemrograman Web yang diikuti oleh Mahasiswa Teknik Informatika. Dari beberapa perlombaan yang telah dilaksanakan diatas terdapat beberapa pemenang perlombaan tersebut yang dinilai oleh dewan juri. Nama – nama yang memenangkan lomba dalam acara Milad TI UIR ke 13th adalah

  1. Lomba Prototype Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dimenangkan oleh Mahasiswa yang bernama Muayyad Fadlan dengan judul “Prototype System 3D Capture”.
  2. Lomba Pemrograman Web dimenangkan oleh Mahasiswa yang bernama Rahmat Fauzi dengan judul “Website Covid-19”.
  3. Lomba Dasar Pemrograman Mobile (DPM) dimenangkan oleh Mahasiswa yang bernama Sahrul Gunawan yang berjudul “Aplikasi Resep Nusantara”.

 

Penanggung Jawab Acara Milad Teknik Informatika ke-13, Bapak Anggi Hanafia, S.Kom., M.Kom. Beliau menyampaikan dalam mewujudkan terselenggaranya acara ini tidak bisa dilaksanakan dalam satu pihak. Suksesnya acara ini juga tidak terlepas dari kerjasama mahasiswa/i Teknik Informatika UIR dan juga Dosen Teknik Informatika yang telah Berpartisipasi dalam mensukseskan acara tersebut. Beliau sangat berterimakasih atas bantuan, support, saran serta waktu yang telah diberikan oleh semua pihak. Acara ini berjalan dengan sangat lancar, terbukti 3,515 viewers dan 1 jam terakhir masih ada 212 viewers mahasiswa yang ikut tergabung langsung didalam Zoom meeting maupun yang menyaksikan live streaming menggunakan Youtube.

 

[ Tia ]